Beranda News Trending di Twitter Bersama dengan Jisoo Blackpink, Apa itu Xenophobia?

Trending di Twitter Bersama dengan Jisoo Blackpink, Apa itu Xenophobia?

#XenophobiaIsNotAJoke dan #ProtectJISOO menjadi trending di Twitter pada Rabu (20/01/2021). Diketahui bahwa trending itu muncul berasal dari tagar para fans Jisoo Blackpink yang tak terima idol nya dihina.

Tertulis bahwa para fans melakukan hal tersebut dikarenakan banyak netizen yang menyerang Jisoo Blackpink karena tak lancar berbahasa Inggris.

Memang benar, Jisso tak selancar member lainnya seperti Lisa, Jennie dan Rose dalam hal berbicara bahasa Inggris.

Karena hal itu, banyak fans Jisso yang mengeluarkan tagar #XenophobiaIsNotAJoke dan #ProtectJISOO.

Lalu, apa itu xenophobia? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Xenophobia diartikan sebagai perasaan benci (takut, waswas) terhadap orang asing atau sesuatu yang belum dikenal atau kebencian pada yang serba asing.

Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, xenophobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan ekstrem terhadap orang asing, adat istiadat, atau agama dan lain-lain (extreme dislike of fear of foreigners, their customs, their religions, etc).

Jadi bisa disimpulkan bahwa xenophobia adalah perasaan ketidaksukaan terhadap segala sesuatu yang berbau asing bagi mereka.

Contoh sikap yang dilakukan oleh orang Xenophobia adalah tindakan diskriminasi, kekerasan dan genosida. Hal tersebut pun pernah terjadi ketika perang dunia ke 2, hingga genosida di Kamboja.

Lalu, kasus yang menyeret salah satu member Blackpink, Jisoo adalah ulah dari sebagian orang yang menyerang Jisso karena ia tak lancar dalam berbahasa Inggris.

Karena hal itu, para fans nya pun marah dan saling memberikan tagar #XenophobiaIsNotAJoke dan #ProtectJISSO hingga menjadi trending di Twitter.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here