Beranda Tutorial Tanamkan Self Love dari Sekarang, Yuk !

Tanamkan Self Love dari Sekarang, Yuk !

hands forming a heart shape with sunset silhouette. Copy space text.

Menurut Wikipedia, Self Love atau Cinta Diri didefinisikan sebagai “cinta pada diri sendiri” atau “menghargai kebahagiaan atau keuntungan diri sendiri”.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa self love adalah suatu tindakan ataupun perasaan untuk mencintai diri sendiri dan menghargai apapun yang ada di dalam diri kita.

Namun, bukan berarti bahwa self love harus mengagung-agungkan diri sendiri. Melainkan, hanya harus mencintai diri sendiri tanpa menganggap orang lain rendah dan merasa diri sendiri tinggi.

Masih banyak orang diluaran sana yang belum menerapkan hal yang satu ini. Mereka terlalu banyak melihat kelebihan orang lain dibandingkan bakat yang ada pada diri sendiri.

Dengan begitu, muncul lah kata insecure” yang berdampak pada kurangnya percaya diri saat tampil di depan umum.

Lalu, bagaimana caranya agar dapat menanamkan self love pada diri kita? Berikut 5 langkah yang bisa kalian lakukan.

1.Jangan Insecure

Insecure adalah perasaan tak nyaman yang membuat seseorang merasa cemas, gelisah hingga tak percaya diri. Banyak faktor yang bisa menimbulkan permasalahan yang satu ini.

Salah satunya adalah terlalu mengagung-agungkan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Pada umumnya, Insecure menjadi salah satu permasalahan terbesar bagi hampir seluruh kaum hawa.Namun, tak menutup kemungkinan bahwa para pria juga dapat merasakan hal serupa.

Untuk dapat mencintai diri sendiri, kalian bisa memulainya dengan tidak insecure terhadap segala sesuatu yang dimiliki. Seperti, wajah, kekayaan, bentuk tubuh, postur badan dan lainnya.

2.Gali Kemampuan yang Dimiliki

Kebanyakan orang terlalu sibuk untuk memikirkan dan memuji bakat yang dimiliki oleh orang lain. Padahal, pada kenyataannya mereka dapat menggali dan mengembangkan bakat yang dimilikinya sendiri.

Jikalau, kalian sudah menggali kemampuan yang dimiliki, barulah kalian tersadar bahwa kita semua adalah sama. Sebagai manusia, kita semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Dengan hal ini juga kalian akan tersadar bahwa setiap manusia pada hakikatnya adalah setara. Tanpa ada orang pintar, orang bodoh, orang cantik, orang jelek, orang gendut dan orang kurus.

3.Sugesti

Sugesti diri dengan cara menanamkan kata “Saya setara dengan orang lain” dan “Saya mempunyai bakat” dengan begitu, kalian bisa melangkah maju untuk semakin mencintai diri sendiri.

Mensugesti diri juga berdampak pada tumbuhnya rasa percaya diri dan rasa syukur atas karunia yang telah diberikan tuhan pada kita.

4.Percaya Diri

Banyak orang yang tidak percaya diri karena selalu melihat kelebihan orang lain baik itu dalam bentuk fisik maupun pikiran.

“Saya cantik dan saya bangga” katakan kalimat tersebut di dalam hati kalian saat sedang merasa tidak percaya diri.

Tanpa adanya rasa percaya diri, kalian akan berada di tempat yang sama dan tak akan berkembang pesat layaknya orang lain.

5.Bersyukur

Syukuri semua anugrah yang diberikan Tuhan kepada kita. Dan ingat, apabila kalian tidak suka terhadap bentuk fisik maupun pikiran yang dimiliki, sama saja bahwa kalian tidak suka terhadap nikmat tuhan yang telah diberikan pada kalian.

Selalu bersyukur menjadi kunci utama dalam mencintai diri sendiri. Tanpanya, rasa percaya diri tak akan muncul pada diri setiap manusia.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here