Beranda Kesehatan Stop ! Berikut Dampak yang Diakibatkan Overthinking

Stop ! Berikut Dampak yang Diakibatkan Overthinking

Overthinking adalah suatu prilaku memikirkan segala sesuatu secara berlebihan dimulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari hingga masalah yang bisa dianggap besar seperti trauma dimasa lalu.

Sekarang, hentikan kebiasaan ini karena sangat berdampak buruk pada dirimu sendiri. Berikut dampak yang ditimbulkan karena overthinking.

1.Menghambat Aktivitas

Memikirkan sesuatu secara berulang dan berlebihan dapat membuat energi mu menjadi terkuras hingga tubuh merasakan lemas dan lelah. Membuang-buang waktu dan menghambat aktivitas sehari-harimu.

Karena dengan lemas dan lelah tersebut, kalian merasa malas untuk melakukan sesuatu atau aktivitas yang biasanya kalian kerjakan.

Baca juga:Penyebab Merenung dan Cara Mengatasinya ! Kalian Wajib Baca Ini

2.Emosi Tidak Terkontrol

Selain berpengaruh terhadap aktivitas kita, rupanya overthinking pun akan berakibat buruk bagi kesehatan mental seseorang.

Biasanya, orang yang selalu overthinking mereka tidak mampu mengendalikan amarah, mudah panik, insecure atau tidak percaya diri bahkan mempunyai pemikiran dan perilaku yang aneh dibandingkan orang lainnya.

Overthinking juga bisa menyebabkan seseorang merasa ia hanya perlu mengurung diri dan tidak berinteraksi dengan dunia luar. Apabila ini terus berlanjut, maka akan terjadi depresi.

3.Mengganggu Kesehatan

Dampak yang diakibatkan karena overthinking bukan hanya terkena pada mental saja, melainkan kesehatan fisik pun ikut terganggu.

Dengan memikirkan segala sesuatu secara berulang dan berlebihan dapat mengakibatkan kamu sakit kepala, demam, nyeri dada, jantung berdebar, sesak nafas bahkan tekanan darah tinggi pun bisa kalian rasakan.

Baca juga : Pengertian,Gejala,Dampak dan Cara Mengatasi Stres!

Maka dari itu, marilah kita hentikan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Overthinking tidak akan membuat mu keren melainkan akan membuatmu tersiksa.

Batasi untuk pemikiran segala sesuatu yang berlebih tersebut bahkan kalau bisa hilangkan saja pemikiran tersebut.

Hilangkan pemikiran tersebut dengan mengalihkan perhatian kalian seperti menonton film, hobi yang menyenangkan, main game, berolah raga ataupun hal lainnya agar kamu tidak memikirkan hal yang bisa membuatmu overthinking.(*Rnd)

Referensi:alodokter.com

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here