Beranda Catatan Selamat Hari Nusantara !

Selamat Hari Nusantara !

Selamat Hari Nusantara ! Hari Kesatuan Nasional atau biasa disebut sebagai Hari Nusantara setiap tahunnya sering diperingati pada tanggal 13 Desember. Yap, hari ini adalah hari dimana sering diperingatinya sebagai Hari Nusantara.

Hari Nusantara merupakan perwujudan dari hasil Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua setelah Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1999, Presiden Abdurrahman Wahid meresmikan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara. Hingga saat ini, 13 Desember sering diperingati sebagai hari Nusantara dan diresmikan sebagai hari perayaan nasional yang tidak meliburkan sekolah ataupun pekerjaan lainnya.

Apakah kalian tahu isi dari Deklarasi Djuanda tersebut? Jika belum, maka simak berikut ini. Berikut adalah isi dari Deklarasi Djuanda yang ditulis pada 13 Desember 1957 lalu menyatakan bahwa :

  1. Indonesia menyatakan sebagai negara kepualuan yang mempunyai corak tersendiri
  2. Sejak dahulu kala, kepulauan nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan
  3. Ketentuan ordonansi 1939 tentang ordonansi, dapat memecah belah keutuhan wilayah Indonesia.

Dikarenakan isi dari Deklarasi Djuanda tersebut, maka pemerintah resmi untuk mengambil tanggal 13 Desember sebagai hari Nusantara yang setiap tahunnya diperingati layaknya perayaan nasional lainnya.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here