Beranda Catatan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia !

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia !

Tepat hari ini, 17 Agustus merupakan hari yang paling sejarah dan memorial bagi seluruh rakyat Indonesia. 76 tahun lalu, kita berhasil meraih kemerdekaan berkat kerja keras dan cucuran darah para pahlawan yang mendedikasikan hidupnya untuk kelangsungan hidup kita yang aman.

Pada Jumat, 17 Agustus 1945 silam, Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan di Gedung Lembaga Bakteriologi, Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta.

Baca juga : 7 Agustus, Peristiwa BPUPKI Dibubarkan dan PPKI Dibentuk

1 hari sebelumnya, para golongan muda melakukan aksi penculikan kepada Ir.Soekarno beserta Moh.Hatta ke Rengasdengklok. Hal itu disebabkan karena para golongan muda mendesak mereka untuk cepat melakukan proklamasi kemerdekaan dikarenakan mereka mendapat informasi bahwa Jepang kalah dalam perang pasifik.

Hal itu berarti bahwa Indonesia sedang berada di kondisi vacum of power atau kekosongan kekuasaan. Tujuan lainnya dilakukan penculikan adalah agar Ir.Soekarno dan Moh.Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang.

Meskiipun para golongan muda bersikeras agar segera memproklamasikan kemerdekaan, Ir.Soekarno tetap pada pendiriannya dan tetap menolak keputusan tersebut.

Hal itu disebabkan dalam memproklamasikan kemerdekaan haruslah disiapkan matang-matang. Setelah lama berdebat, datanglah pihak penengah antara golongan muda dan golongan tua yakni Ahmad Soebadjo.

Ia membujuk para golongan muda untuk mengembalikan Ir.Soekarno dan Moh.Hatta kembali ke Jakarta untuk memproklamasikan kemerdekaan. Dengan taruhan nyawanya, ia meyakinkan para golongan muda untuk menjaga dan melindungi Ir.Soekarno dan Moh.Hatta.

Akhirnya para golongan muda menyetujuinya dan mereka berkumpul di kediaman Laksamana Muda Maeda yang merupakan perwira jepang yang pro terhadap kemerdekaan Indonesia.

Tempat tersebut menjadi tempat perumusan teks proklamasi yang dirumuskan oleh Ir.Soekarno, Moh.Hatta dan Ahmad Soebardjo.

Setelah semua persiapan telah siap, Teks Proklamasi pun dibacakan oleh Ir.Soekarno ditemani Moh.Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here