Beranda News Selamat Hari Bela Negara !

Selamat Hari Bela Negara !

Indonesia dikatakan sebagai negara yang mempunyai sejarah kemerdekaan yang sangat panjang. Dengan demikian, membuat seluruh bangsa Indonesia harus dan selalu menghargai setiap perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita terdahulu.

Apakah kalian tahu bahwa 19 Desember selalu diperingati dan ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. Mungkin dari kalian ada yang sudah mengetahuinya dan sebagian lagi belum. Lalu, bagaimana sejarahnya sehingga 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara? Berikut penjelasannya.

Salah satu peristiwa penting pada hari ini adalah peristiwa dimana terjadinya keadaan genting yang memaksa bangsa Indonesia untuk memindahkan Ibu Kota dari Yogyakarta ke Bukittinggi dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Kejadian tersebut berlangsung 72 tahun silam pada tanggal 19 Desember 1948.

Tujuan dari diperingatinya hari ini sebagai Hari Bela Negara adalah untuk memupuk dan mendorong semangat bela negara atau nasionalisme kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Peringatan ini biasa diperingati dengan kegiatan upacara di berbagai lembaga pemerintahan. Selain itu, peringatan Hari Bela Negara juga bertujuan untuk menghargai semua bentuk perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita terdahulu.

Seperti yang diketahui bahwa pahlawan kita terdahulu telah berusaha sekuat tenaga untuk membuat negara Indonesia menjadi sebuah Negara yang merdeka. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus menghargai dan menghormati semua bentuk perjuangannya dengan melaksanakan semua kegiatan yang bersifat nasionalis.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here