Beranda News PMII Sebut PSBB Masih Kurang Serius

PMII Sebut PSBB Masih Kurang Serius

aznoax.xyz PMII Sebut PSBB Masih Kurang Serius, Forum Komisariat PMII Kota Tasikmalaya mempertanyakan keseriusan Pemkot dalam menangani Covid-19. Hal ini berkaitan dengan tidak adanya ketegasan pemerintah dalam pemberlakuan PSBB.

Hal tersebut disampaikan saat audiensi dengan DPRD bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Selasa (19/5) di Ruang Banmus DPRD.

Koordinator Forum Komisariat PMII Kota Tasikmalaya Muhammad Satriana Ilham mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menangani Covid-19.

Pasalnya pemberlakuan PSBB seolah main-main, karena aktivitas masyarakat masih ramai. “Bahkan pemerintah sendiri yang kerap memancing kerumunan,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkot harus punya sikap yang tegas dengan penuh tanggung jawab. Jangan sampai kepercayaan masyarakat hilang akibat Gugus Tugas yang terkesan plin-plan.

“Kalau mau ya harus tegas ketika ada pelanggaran, kalau mau dibiarkan ya enggak usah PSBB,” tuturnya.

Selain itu, dia pun mempertanyakan transparansi anggaran Gugus Tugas dalam menyerap anggaran. Jangan sampai wabah yang terjadi malah dimanfaatkan untuk menyerap anggaran.

“Harus jelas anggaran yang digunakannya berapa dan peruntukannya untuk apa,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Uus Supangat mengatakan untuk penindakan di lapangan pihaknya tidak punya kewenangan bicara. Namun secara prinsip dia tegaskan bahwa yang dibatasi dalam PSBB bukanlah lalu lintas. “Pembatasannya itu untuk mobilitas warga, bukan lalu lintas,” katanya.

Sementara itu, terkait penyerapan anggaran pihaknya siap mempertanggungjawabkan penggunaannya.

Sejauh ini, Dinkes sudah menyerap dana Gugus Tugas sebesar Rp 1,4 miliar. “Belanja alat kesehatan ruang isolasi, pengadaan APD, makan minum pasien, termasuk honor atau insentif tenaga medis dan paramedis,” katanya. (rga)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here