Beranda Kesehatan Penyebab Merenung dan Cara Mengatasinya ! Kalian Wajib Baca Ini

Penyebab Merenung dan Cara Mengatasinya ! Kalian Wajib Baca Ini

Merenung adalah suatu kegiatan apabila seseorang sedang memikirkan suatu hal secara terus menerus dan mendalam hingga ia dapat menjawab pertanyaan di benaknya tersebut.

Pasalnya, merenung merupakan hal yang negatif apabila kita sering memikirkan hal-hal negatif yang dapat membuat badan kita terus memikirkan hal tersebut.

Namun, terkadang merenung juga merupakan hal yang baik apabila kita memikirkan hal-hal yang positif dan baik untuk kita sendiri seperti cara-cara untuk menghentikan kebiasaan buruk atau berintopeksi terhadap diri sendiri yang berdampak sangat baik untuk dirinya sendiri.

Penyebab Merenung

Kebiasaan yang satu ini sudah tak aneh di dalam kalangan masyarakat, dikarenakan suatu hal yang bisa menjadi beban pikiran ini bisa terjadi pada siapa saja dan tak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak.

Namun, umumnya merenung lebih sering terjadi pada penderita OCD,PTSD,depresi, ketergantungan minuman beralkohol,dan gangguan makan yang termasuk kedalam  beberapa jenis gangguan mental. Kebiasan yang buruk ini sering memperburuk kondisi gangguan mental yang sedang ia derita.

Baca juga : Benarkah Penggunaan Micin dapat Membuat Bodoh?

Penelitian membuktikan bahwa para pria biasanya merenung hanya sebagai wadah untuk meluapkan seluruh emosinya ketika ia sedang dilanda kemarahan,sedangkan pada kaum hawa biasanya digunakan sebagai reaksi terhadap kesedihan.

Para wanita biasanya merenung setelah ataupun ketika ia sedang menangis terhadap kesedihan tersebut. Selain itu juga, seseorang mengalami kebiasaan sering merenung ini juga dikarenakan beberapa alasan yaitu.

  1. Ketika seseorang sedang menghadapi masalah yang sudah berada diluar kendalinya sehingga masalah itu tidak dapat ia selesaikan.
  2. Seseorang tersebut memiliki riwayat trauma fisik maupun mental yang mengganggu dirinya.
  3. Memiliki karakteristik kepribadian yang tidak orang lain punya seperti jiwa perfeksionis.

Cara Mengatasinya

Kebiasaan merenung dengan memikirkan pikiran yang negatif akan memberikan beban bagi kesehatan mental. Maka dari itu, merenung dengan pikiran yang negatif harus dihentikan secepat mungkin dengan cara seperti berikut.

1.Meditasi

Kosongkan pikiranmu apabila kalian sedang memikirkan suatu hal secara berulang dan bersifat negatif.

Lakukan meditasi dengan cara mencari tempat yang tenang lalu fokus hanya dengan pada tarikan dan embusan hingga merasa tenang dan damai serta tidak terlalu memikirkan hal-hal yang sedang kalian pikirkan sebelumnnya.

Baca juga : Hebat! Berikut 4 Manfaat Charcoal Bagi Manusia yang Dapat Membuat Kita Takjub!

2.Cintai Diri Sendiri

Kebanyakan dari kita belum memahami apa itu mencintai diri sendiri. Pada umumnya, orang yang belum mencintai dirinya sendiri, ia kebanyakan untuk merenung dan memikirkan bagaimana caranya agar ia menjadi seperti orang yang diimpikannya.

Perlakukanlah dirimu sendiri layaknya kamu memperlakukan orang lain yang sering memuji, berbicara dengan lembut ataupun memberikan hadiah bisa kalian terapkan untuk kalian sendiri.

Memaafkan kesalahan yang telah kalian perbuat sebelumnya dan jadikan kejadian tersebut agar kalian terus belajar serta berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama bahkan kalaupun bisa jadikan kesalahan tersebut sebagai batu loncatan untuk kalian menggapai impian kalian.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Berminyak

3.Memikirkan Jalan Keluar

Apabila kalian sedang memiliki masalah dan tak dapat kalian selesaikan, salah satu cara untuk mengatasinya adalah kalian diperlukan untuk merenungkan jalan keluar permasalahan tersebut bukannya malah memikirkan masalah yang sedang kalian hadapi.

Perbaikilah permasalahan yang telah kalian lakukan dimasa lampau dan pikirkan jalan keluar agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi.

Baca juga : 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Satu hal yang perlu diingat adalah sebuah solusi tak selalu datang secara cepat, melainkan muncul secara bertahap. Maka dari itu,kalian harus mempunyai sifat sabar dan pikirkan kejadian selanjutnya apabila kalian melakukan sebuah keputusan tersebut.

Dari point diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa merenung dapat dihentikan tergantung keputusan yang kita buat. Apabila kita ingin berhenti untuk merenung dan memikirkan hal yang negatif maka lawan kemauan akan merenung setiap saat terhadap diri kalian.

Selain itu juga, dengan kita mengalihkan perhatian dari permasalahan yang kita hadapi, itu juga merupakan salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan merenung dan tempatkan diri kalian ke tempat lingkungan yang positif.(*Rnd)

 

 

BERBAGI

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here