Beranda Catatan Pentingnya Membaca Buku Bagi Anak

Pentingnya Membaca Buku Bagi Anak

Kesadaran akan pentingnya membaca buku harus ditanamkan ke setiap anak anak. Kesadaran ini harus diberikan kepada anak anak sejak masih dini agar anak itu paham dan mengerti akan pentingnya buku bagi dirinya.

Memberikan edukasi bahwa pentingnya buku bagi anak harus diawali sejak ia masih kecil dengan diajarkan membaca buku cerita.

Sebagai contoh,ketika ia masih kecil diharuskan sang ibu ataupun ayah membacakan buku cerita sebelum tidur sambil berikan edukasi dan dorongan agar ia mau membaca buku kelak. Dengan begitu,sang anak pun akan terbiasa membaca buku karena telah mengetahui pentingnya membaca buku.

Lalu,mengapa membaca buku sangat penting bagi anak?Berikut beberapa alasan menurut opini saya.

1. Mendapatkan Wawasan yang Luas

Dengan diberikan pemahaman akan pentingnya buku bagi anak dapat memberikan wawasan yang luas kepada sang anak apabila ia mau membaca.

2.Memahami Peranan Buku Bagi Kehidupan

Memberikan edukasi kepada anak agar membaca buku sejak kecil dapat membuat sang anak memahami peranan buku bagi kehidupan.

Dan seperti yang kita ketahui,buku sangat penting bagi kehidupan. Tanpa buku kita tak tahu apa yang terjadi dengan semua hal di dunia ini. Dengan buku juga,dunia bisa berkembang sangat cepat.

3.Sang Anak Dapat Berkembang

Membaca buku sejak dini dapat membuat sang anak menjadi berkembang lebih baik dari anak yang tidak diajarkan membaca buku. Perkembangan ini dapat terus berlanjut apabila sang anak terus membaca dan memahami isi buku.

4.Dapat Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah sebuah tindakan menanggapi sesuatu dengan berpikir mempertimbangkan seluruh aspek terhadap sesuatu tersebut.

Membaca buku dapat membuat sang anak berpikir kritis dan penuh pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan. Dengan begitu sang anak tidak berkembang di jalan yang salah akan tetapi berada di jalan kesuksesan.

5.Merancang Masa Depan

Alasan yang paling penting dari diberikannya edukasi membaca buku kepada anak agar ia mampu memikirkan dan merancang masa depan.

Dengan begitu sang anak dapat dengan mudah merancang masa depannya dengan baik tanpa ada gangguan yang negatif seperti pergaulan bebas dan lainnya.

Oleh karena itu,sangat penting diberikannya edukasi kepada anak tentang pentingnya membaca buku sejak dini untuk memberikan kehidupan yang lebih jelas,cerah dan baik bagi dirinya sendiri.(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here