Beranda Catatan Pengertian dan Perbedaan Antara IQ dan EQ , Kalian Sudah Tau Belum?

Pengertian dan Perbedaan Antara IQ dan EQ , Kalian Sudah Tau Belum?

Sebagian dari kalian pasti sudah ada yang memahami pengertian dari IQ dan EQ. Yap, IQ sering dikaitkan sebagai kecerdasan intelektual dan EQ adalah kecerdasan emosional. Sebelum kita masuk ke dalam perbedaan antara IQ dan EQ, alangkah baiknya kita pahami lebih jelas mengenai keduanya. Simak berikut ini.

A.Pengertian IQ dan EQ

1.Pengertian IQ

IQ atau Intelligence Quotients atau disebut juga dengan kecerdasan intelektual adala kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang berhubungan atau melibatkan logika seperti, menalar, belajar, memahami gagasan, berpikir bahkan merencanakan suatu hal tertentu yang melibatkan pikiran.

Baca juga : 5 Tips Meningkatkan IQ Kalian dengan Mudah !

2.Pengertian EQ

EQ atau Emotional Quotients atau disebut juga dengan kecerdasan emosional adalah kemmapuan seseorang untuk mengenali, mengendalika atau bahkan menata emosi dan perasaan diri sendiri ataupun orang lain.

Baca juga : Cara Untuk Meningkatkan EQ, Kalian Wajib Baca Ini !

B.Perbedaan IQ dan EQ

Berikut perbedaan antara kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ).

1.IQ Dibawa Sejak Lahir, EQ Bisa Diasah

IQ adalah kecerdasan yang dibawa oleh anak sejak lahir. Kendati demikian, bukan berarti IQ seseorang tidak bisa berkembang. Dengan bertambahnya ilmu pengetahuan yang ia miliki melalu berbagai jalur pendidikan, dapat membuat IQ tersebut terasah.

EQ adalah kecerdasan yang berkembang seiring pertumbuhan psikis atau mental sang anak. Perkembangan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor luar yang dapat mendukung kecerdasan emosional sang anak lebih terarah.

2.IQ berarti Logika, EQ berarti Empati

IQ disebut juga sebagai kecerdasan logika karena kemampuan ini bisa membuat sang anak memecahkan sebuah masalah yang berhubungan dengan unsur-unsur logika dan matematika.

EQ disebut juga sebagai empati dikarenakan kemampuan ini mampu menghadapi masalah dengan melakukan berbagai pertimbangan emosi hingga akhirnya dapat membuat sebuah keputusan yang tepat.

3.IQ Pandai dalam Matematis, EQ Pandai dalam Sosialisasi

IQ dapat membuat sang anak memiliki keunggulan dalam mengerjakan masalah yang sangat membutuhkan analisis data matematis secara akurat.

EQ dapat membuat seorang anak menjadi pandai dalam bersosialiasi kepada siapapun. Oleh karena itu, EQ dapat membuat sang anak memiliki rasa empati yang tinggi dibandingkan dengan anak yang memiliki IQ tinggi.

(*Rnd)

 

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here