Beranda Programing Pengertian Algoritma Pemrograman ! Calon Programer Wajib Baca Ini

Pengertian Algoritma Pemrograman ! Calon Programer Wajib Baca Ini

Pengertian Algoritma

Apa yang dimaksud dengan algoritma? Algoritma diciptakan oleh seorang ahli dalam bidang matematika,astronomi,astrologi dan geografi yang bernama Muhammad bin Musa al-Khawarizmi atau yang biasa disebut dengan Al-Khawarizmi.

Seorang ilmuwan yang berasal dari Persia ini adalah orang yang menciptakan buku Kitab Al Jabar Wal-Muqabala dan bisa kita peroleh akar dari kata “Aljabar”

Aljabar berasal dari algorism namun dikarenakan sering dikelirukan dengan arithmetic. Oleh karena itu, aljabar yang seharusnya algorism berubah menjadi algorithm dan lambat laun pun penggunaan ejaan itu berubah serta apabila diserap ke dalam Bahasa Indonesia menjadi algoritma.

Baca Juga : Penjelasan Apa itu HTML dan Fungsinya

Definisi Algoritma

Algoritma sebenarnya adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

Pertimbangan pertama apabila kita akan membuat sebuah algoritma adalah kita harus mengurutkan langkah-langkah yang logis dan benar sesuai dengan kenyataan.

Mengetahui seberapa besar hasil baik yang dihasilkan dengan algoritma tersebut merupakan point kedua dari pemilihan algoritma yang baik dan benar. Kita harus mampu memberikan hasil yang sedekat atau semaksimal mungkin dengan nilai asli atau disebut juga dengan nilai yang sebenarnya.

Point ketiga dari permasalahan ini adalah kita haru mengefisiensi waktu dan memory yang bisa kita gunakan. Kita tidak boleh terlalu banyak memakai memory dan waktu disebabkan semakin besar memori dan waktu yang terpakai, maka semakin buruk pula algoritma tersebut. Kita harus mengefisiensi algoritma dengan cara yang paling efisien dan cepat.

Baca Juga : Apa itu Bahasa Pemrograman, Dan Contohnya

Pengertian Algoritma Pemrograman

Dengan kita menyimpulkan semua point penting yang dibahas pada paragraf diatas, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Algoritma Pemrograman adalah suatu urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Terdapat 2 cara penyajian algoritma pemrograman yakni dengan cara tulisan ataupun gambar. Apabila kalian ingin menyajikan algoritma pemrograman kalian dengan bentuk tulisan maka gunakanlah Pseudocode sedangkan apabila kalian ingin menyajika algoritma dengan gambar maka gunakanlah bentuk diagram alir atau biasa disebut dengan flowchart.

Penggunaan antara algoritma,flowchart dan pseudocode juga berbeda tergantung bagaimana cara kalian ingin menyajikan algoritma kalian kepada orang yang cocok.

Sebagai contoh apabila kalian menyajikan algoritma kepada seorang petani, maka penggunaan algoritma  yang sangat cocok adalah dengan bentuk algoritma tulisan sedangkan apabila kalian ingin menyampaikan algoritma kalian kepada sesama programer maka yang paling cocok adalah menggunakan bentuk penyajian pseudocode.(*Rnd)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here