Beranda News Mengenang 16 Tahun Peristiwa Tsunami di Aceh

Mengenang 16 Tahun Peristiwa Tsunami di Aceh

16 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 adalah hari dimana kabar duka menyelimuti warga Aceh dan seluruh masyarakat Indonesia.

Yap, pada hari itu adalah hari dimana terjadinya gempa dangkal berkekuatan M 9,3 di dasar Samudera Hindia yang disusul dengan gelombang tsunami yang dahsyat.

Gempa itu disebut sebut oleh para ahli sebagai gempa terbesar ke-5 yang pernah ada sepanjang sejarah umat manusia.

26 Desember 2004 yang bertepatan dengan hari Minggu itu biasa dijadikan sebagai hari beristirahat, bersenda gurau bersama keluarga hingga bercengkrama kepada orang terdekat oleh para masyarakat.

Namun, hari Minggu yang damai tak berlaku di Aceh. Sayang beribu sayang, mereka harus berhadapan dengan alam yang tengah menunjukkan keperkasaannya yang sangat kuat.

Bahkan, kejadian tersebut didokumentasikan dalam sebuah film yang berjudul ‘Hafalan Shalat Delisa’.

Peristiwa tersebut diawali dengan gempa Magnitudo 9,3 pada pukul 07.59 WIB dan disusul dengan gelombang tsunami super dahsyat dengan ketinggian 30 meter dan kecepatan hingga 360 kilometer per jam.

Dilansir dari kompas.com, peristiwa maha dahsyat itu telah menewaskan 230.000 korban jiwa dengan rumah hingga bangunan pun ikut terseret gelombang tsunami tersebut.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here