Beranda Catatan Kenali 5 Ciri Orang Terkena Gangguan Mental

Kenali 5 Ciri Orang Terkena Gangguan Mental

Mental illness (mental disorder), atau disebut juga dengan gangguan mental , adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati, atau kombinasi diantaranya.

Tercatat menurut data tahun 2018, sebanyak 10-13% penduduk Indonesia mengalami gangguan jiwa. Dikatakan bahwa 1,7% diantaranya menderita gangguan jiwa berat.

Biasanya, orang yang terkena gangguan jiwa lebih rentan untuk menggunakan obat-obatan terlarang, kecanduan minuman beralkohol hingga bunuh diri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami gangguan mental diantaranya seperti trauma di masa lalu, faktor genetik, gaya hidup yang tak sehat, dan stres yang berkepanjangan.

Berikut ciri-ciri orang yang mengalami gangguan mental, meskipun dari beberapa kasus ciri gangguan mental pada setiap orang bisa bervariasi. Namun, jika ditinjau secara umum maka ciri-ciri orang terkena gangguan mental yaitu sebagai berikut.

1.Perubahan Perilaku dan Suasana Hati

Perubahan mood atau suasana hati merupakan ciri dari gangguan mental seperti sering merasa cemas, mudah marah, sedih, ketakutan yang berlebihan hingga lebih sensitif terhadap hal kecil.

Selain itu, perubahan perilaku seperti cepat lelah, mudah tersinggung, kehilangan motivasi, gugup atau bahkan menjadi lebih agresif terhadap orang lain juga menjadi salah satu ciri gangguan mental.

2.Turunnya Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif seseorang dikatakan mengalami penurunan apabila seseorang tersebut mengalami seperti sulit berpikir jernih, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, serta susah dalam mengambil keputusan.

3.Tidur dan Makan yang tidak teratur

Apabila ada temanmu yang sering melewatkan jam tidur dan makan yang membuat mereka menjadi kurang berenergi dan tidak produktif dalam menjalani aktivitas, sebaiknya perhatikan mereka. Bisa saja mereka mengalami gangguan mental.

4.Kurang Percaya Diri

Biasanya, orang yang merasa kurang percaya diri dikarenakan sifat pemalu yang normal dimiliki manusia. Namun, apabila rasa itu menyebabkan kasus seperti sering menyalahkan diri sendiri, membenci hingga menyakiti diri sendiri dan melakukan percobaan bunuh diri. Maka hal tersebut merupakan salah satu ciri gangguan mental yang perlu diwaspadai.

5.Menarik Diri dari Lingkungan Sosial

Penderita gangguan mental biasanya akan sering menarik diri dari lingkungan sosial. Mereka juga kerap sulit beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, apabila ada seseorang yang mengalami ciri-ciri seperti diatas, sebaiknya bantu dia untuk sedikit mencurahkan hatinya. Namun, alangkah baiknya apabila kondisi tersebut langsung saja dibawa ke psikiater atau psikolog untuk hasil yang lebih akurat dikarenakan hal diatas belum tentu benar adanya.

Namun, ciri-ciri diatas merupakan ciri umum yang sering dilakukan oleh orang penderita gangguan mental.

 

(*Rnd)

 

 

BERBAGI

3 KOMENTAR

  1. Say, you got a nice article.Really thank you! Fantastic.
    Well I definitely liked reading it. This tip offered by you is very practical for proper planning.
    Thanks for helping out and about, superb data. The a number of stages regarding man are generally infancy, childhood, adolescence, and obsolescence. by Bruce Barton.
    Woman of Alien Great perform you have got done, this great site is admittedly great with great facts. Time is God as strategy for trying to keep anything from taking place directly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here