Beranda News Gempa Mengguncang Majene Sulbar Sebanyak 28 Kali

Gempa Mengguncang Majene Sulbar Sebanyak 28 Kali

Puluhan gempa yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat telah dicatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak kemarin hingga pagi tadi. Tercatat setidaknya ada 28 kali gempa susulan.

“Hingga pukul 6 pagi, kita sudah mencatat sebanyak 28 kali susulan,” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono seperti yang dilansir dari detik.com

Diketahui, dari 28 kali gempa susulan tersebut, gempa berkekuatan paling besar terjadi pada Kamis (14/1/2021) pukul 13.35 WIB dengan magnitudo 5,9 dan pada tadi pagi Jumat, (15/1/2021) pukul 01.28 WIB dengan magnitudo 6,2.

“Dan itu kita petakan sama kami dan yang paling besar berkekuatan M 5,9 dan M 6,2,” paparnya.

Gempa yang menggucang Majene, Sulawesi Barat pada hari kemarin merupakan gempa pembuka. Sedangkan gempa yang terjadi pada dini hari tadi adalah gempa utama.

“Kemarin itu kita anggap sebagai gempa pembuka. Sementara yang tadi malam itu sudah maksimal, sudah gempa utama,” sambungnya.

Mereka pun berharap agar tidak terjadi gempa lagi. Sehingga gempa yang terjadi pada dini hari tadi merupakan gempa utama.

“Harapan kita tidak terjadi lagi. Sehingga untuk saat ini gempa yang terjadi pagi dini hari tadi itu adalah gempa utama,” ungkapnya.

Tercatat, sudah ada korban jiwa yang diakibatkan oleh gempa ini. 4 warga meninggal dunia dan lebih dari 600 orang menderita luka-luka serta 3.000 orang lainnya pun harus mengungsi.

“Data Pusat Pengendali Operasi BNPB per 15 Januari 2021, pukul 08.00 WIB, mencatat sekitar 637 warga mengalami luka-luka dan 3.000 lainnya mengungsi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat,” tulisnya dalam keterangan resmi BNPB.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here