Beranda Kesehatan Di Lingkungan mu Ada Banyak Kumis Kucing?Berikut 5 Manfaat Kumis Kucing Bagi...

Di Lingkungan mu Ada Banyak Kumis Kucing?Berikut 5 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Di lingkungan sekitarmu banyak tumbuh tanaman kumis kucing? Tak banyak orang tau bahwa tanaman ini sangat bermanfaat loh untuk kesehatan kita.

Memang, tanaman ini adalah salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman obat oleh para orang tua. Namun, mereka hanya menyangka bahwa tanaman ini dapat mengobati asam urat saja.

Padahal ada banyak manfaat lainnya yang didapat dari kumis kucing ini. Apa saja manfaat yang dihasilkan oleh tanaman yang bermarga orthosiphon ini.

1.Mengobati Asam Urat

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon stamineus ini memang bisa menyembuhkan penyakit asam urat.

Diketahui bahwa kumis kucing mengandung flavonoid, fenolik dan asam kafeat yang tinggi dan senyawa aktif tersebut dipercaya memiliki sifat antiradang yang dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

2.Mengurangi Kadar Gula Darah

Kumis kucing sering disebut sebagai tanaman yang memiliki khasiat untuk mengatasi diabetes dikarenakan kemahirannya dalam mengendalikan metabolisme dalam tubuh menjadi lebih seimbang.

Kumis kucing bisa dijadikan sebagai pilihan obat alami untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes dikarenakan khasiatnya yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3.Mencegah Penyakit Jantung

Kumis kucing mengandung antidiabetik, peningkatan kadar HDL, dan penurunan kadar lemak yang telah digabungkan oleh kumis kucing dan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

4.Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan sinensetin yang berada di dalam kumis kucing berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin (air kencing).

5.Mengatasi Rematik

Selain beberapa manfaat yang telah kami paparkan diatas, kumis kucing juga dipercaya dapat mengatasi rematik secara alami.

Kumis kucing dapat menurunkan reaksi autoimun pada RA dikarenakan kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi di dalam kumis kucing.(*Rnd)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here