Beranda Kesehatan Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Kopi Bagi Tubuh

Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Kopi Bagi Tubuh

Kopi memang sudah menjadi minuman favorit bagi kalangan muda hingga orang tua. Pada umumnya, kopi digunakan sebagai minuman untuk menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap suatu hal.

Biasanya, orang yang sering meminum kopi digunakan sebagai penunda kantuk nya agar dapat menyelesaikan pekerjaannya. Seperti contoh para pekerja malam, pengejar deadline, mengerjakan tugas atau hanya sekedar bermain game saja.

Kebiasaan meminum kopi secara teratur dan tidak berlebihan akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Lain cerita apabila diminum secara berlebihan dan terus menerus, bukannya memberikan kesehatan malah dapat dampak negatif bagi tubuh.

Dikutip dari detik.com , berikut beberapa dampak positif bagi penggunaan kopi secara teratur.

1.Meningkatkan Suasana Hati 

Selain meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, kandungan pada kopi yang bernama kafein juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Pada sebuah penelitian pada tahun 2013, ditemukan bahwa siapa saja orang yang meminum 2-3 cangkir kopi secara rutin (setiap hari) bisa mengurangi risiko bunuh diri hingga 45% dari orang yang tidak mengonsumsi kopi.

Hal itu dikarenakan efek stimulan pada kafein dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang menjadi lebih baik dibandingakn biasanya.

Baca juga : 5 Jus dari Buah-Buahan Ini Dapat Mengurangi Kolesterol Jahat ! Apa Saja?

2.Meningkatkan Kemampuan Berolahraga

Selain berguna untuk kesehatan psikis, kopi juga dapat mengatasi permasalahan pada fisik seperti dapat meningkatkan kemampuan selama berolahraga.

Kandungan Kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan kinerja fisik terutama dalam olahraga seperti aerobik ataupun ketahanan tubuh seperti push-up, pull-up ataupun sebagainya.

Jumlah kandungan kafein yang seharusnya agar dapat meningkatkan kemampuan berolahraga pun diatur jumlahnya seperti pada saat berolahraga sebaiknya mengonsumsi 2-6 mg (miligram) kafein perkilogram berat badan.

Selain itu juga, kopi dapat meningkatkan kinerja selama latihan jangka panjang dan pendek serta dapat menurunkan rasa lelah dan nyeri pada tubuh saat melakukan olahraga.

3.Menurunkan Risiko Terjangkit Kanker

Kopi juga dapat menurunkan risiko seseorang untuk terjangkit penyakit kanker lho. Dikarenakan, dengan kita mengonsumsi kopi hitam setiap hari, dapat melindungi otak dari demensia.

Dikutip dari detik.com menurut Beth Witherspoon, konsultan diet terdaftar untuk Perusahaan Kopi Komunitas , dengan mengonsumsi kopi dalam jumlab sedang atau setara dengan 3-5 cangkir setiap hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 , risiko penyakit parkinson, demensia dan sirosis.

Baca juga : Bukan Hanya Enak dan Segar, Ini Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh seperti.

1.Meningkatkan Tekanan Darah

Dampak yang ditimbulkan apabila mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menaikan tekanan darah yang bersifat sementara.

Meskipun kopi yang diminum setiap hari tidak dapat memberikan pengaruh yang berbahaya bagi pembuluh darah, namun dianjurkan untuk tetap mengonsumsi kopi dalam batas wajar untuk meminimalisir tekanan darah naik.

Baca juga : Bahaya Meminum Air Putih Secara Berlebihan !

2.Menaikkan Kadar Kolesterol

Kopi yang dapat menaikkan kadar kolesterol adalah kopi yang diseduh dengan french press, perkolator, atau alat ekspreso lainnya yang dapat jumlah tinggi pada kafestol dibandingkan kopi yang disaring dengan kertas atau kopi instan biasa. (*Rnd)

BERBAGI

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here