Beranda Kesehatan Benarkah Penggunaan Micin dapat Membuat Bodoh?

Benarkah Penggunaan Micin dapat Membuat Bodoh?

Selama ini, Vetsin atau juga yang biasa kita kenal dengan nama micin ini adalah salah satu dari banyaknya penyedap makanan yang telah dianggap sebagai salah satu bahan yang memengaruhi kinerja otak.

Padahal pada kenyataannya, apabila digunakan sesuai keperluan atau masih di bawah batas wajar micin dibutuhkan oleh tubuh.

Kebenaran bahwa dengan memakan vetsin ataupun micin yang bisa membuat orang bodoh tentunya masih belum dibenarkan. Walaupun demikian, tentunya penyedap makanan tersebut sangat berkemungkinan untuk memengaruhi otak dan organ tubuh lainnya.

Baca juga : 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Menurut Spesialis Gizi Klinik,RS Ibnu Sina,dr Asrini Safitri SpGK mengatakan dengan tegas bahwa, anggapan memakan penyedap makanan berupa mizin dapat membuat bodoh pemakainya adalah suatu anggapan yang kini masih belum diketahui kebenarannya.

Ia mengungkapkan bahwa, selaput otak tidak dapat ditembus oleh unsur berupa MSG ini. Dikarenakan, tubuh manusia mempunyai mekanisme yang digunakan untuk menyeimbangkan kadar monosodium glutamat atau MSG. Sambungnya juga, ia menghimbau bahwa tidak boleh mengonsumsi MSG dengan batas maksimal sekitar 5-10 gram perhari.

Baca juga : Jerawat gak hilang? Berikut kebiasaan Buruk penyebab timbulnya jerawat

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan kita mengonsumsi micin atau MSG atau monosodium glutamat secara terus menerus dapat memberikan dampak yang tidak baik pada organ tubuh kita. Organ tersebut diantaranya adalah ginjal,otak dan lainnya yang berkemungkinan memperoleh dampak negatif dari penggunaan yang berlebihan.

Namun, tidak berlaku dampak negatif tersebut kepada semua orang. Sebagian orang sangat sensitif dan sebagian lagi tidak sama sekali.

Apabila kalian mengonsumsi sedikit saja micin tersebut dan merasakan gejala yang negatif maka anda termasuk ke dalam orang yang sangat sensitif terhadap monosodium glutamat sedangkan apabila anda sudah tidak merasakan apapun dampak negatif dari penggunaan micin tersebut, maka anda tergolong ke dalam orang yang tidak sensitif terhadap salah satu penyedap rasa tersebut.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Berminyak

Menurut Prof dr Veni Hadju MSc PhD sebagai Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin mengungkapkan bahwa, pengaruh dari penggunaan mengonsumsi yang berlebihan dari micin tersebut bukan berpengaruh ke otak yang dapat mengakibatkan kebodohan hanya saja mengakibatkan tumor atau kanker pada otak.

Komposisi senyawa dari Penyedap rasa ini adalah 78% mengandung glutamat,12% mengandung natrium dan sisanya mengandung air yang apabila larut bersama air ataupun saliva (air ludah) akan berdisosiasi menjadikan micin tersebut menjadi garam bebas dan bentuk anion yang berasal dari asam glutamat.

Meskipun begitu, penggunaan micin tersebut tidak boleh berlebihan dikarenakan glutamat juga sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh manusia dan akan berkaitan dengan asam amino yang nantinya akan menyatu menjadi bentuk struktur protein dan glutamat juga sebenarnya diproduksi oleh neuron di dalam tibih manusia yang berperan sebagai neurotransmitter.

Baca juga : Hebat! Berikut 4 Manfaat Charcoal Bagi Manusia yang Dapat Membuat Kita Takjub!

Maka dari itu, kita bisa menarik kesimpulan bahwa kita boleh boleh saja mengonsumsi micin asalkan masih batas wajar dikarenakan apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan tumor atau kanker otak serta disarankan untuk penderita tumor,kanker dan sering sakit kepada tidak boleh menggunakan penyedap rasa jenis ini.(*Rnd)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here