Beranda Catatan Belajar Itu Membosankan?

Belajar Itu Membosankan?

Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami dan menguasai suatu materi atau pembelajaran. Belajar mencakup seluruh lapisan manusia.

Tak hanya siswa yang diwajibkan untuk belajar. Namun,tak menutup kemungkinan bahwa orang yang sudah dewasa ataupun lanjut usia biasanya mereka juga belajar.¬†Umumnya,lapisan manusia yang sudah “berumur” mereka akan belajar dan memahami kehidupan yang telah ia lalui.

Namun,biasanya para siswa mengeluhkan diadakannya proses belajar di sekolah ataupun di rumah. Mereka belum paham betul pentingnya belajar untuk kelangsungan hidup yang sejahtera di masa tua.

Mereka pikir bahwa belajar itu sangat membosankan untuk mengisi waktu luang mereka.Lalu,benarkah belajar itu membosankan?Berikut tips saya agar belajar tidak membosankan:

1. Niat dari Hati

Point utama adalah belajar dengan niat dari hati. Semua perbuatan ataupun pekerjaan apabila telah memiliki niat dari hati maka akan terasa mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

2. Mendengarkan Musik

Salah satu tips dari saya agar belajar tidak membosankan adalah belajar sambil mendengarkan musik. Dengan kita mendengarkan musik kita tidak akan jenuh dan justru terbawa suasana oleh lantunan musik yang kita dengarkan sehingga pembelajaran pun tetap terlaksana. Namun,tetap fokus pada pembelajaran.

3. Tidak ada paksaan

Point ketiga dan tak kalah penting dari point sebelumnya adalah tidak adanya paksaan dari manapun.Semua pekerjaan yang dirasa ada paksaan pasti tidak akan berhasil. Maka dari itu,belajarlah dari kesadaran sendiri dan tak boleh ada paksaan dari pihak manapun.

4. Harus ada Seseorang yang Dapat Memotivasi

Apabila kita belajar kita diharuskan untuk mempunyai seseorang untuk memotivasi kita,maka kita pun akan semangat untuk belajar sesulit apapun itu. Seseorang yang dapat memotivasi misalnya seseorang yang sudah sukses dan kita pun ingin mengikuti jejaknya.

5. Mempunyai keinginan Kuat untuk Maju

Point ini agak berhubungan dengan point pertama yaitu kita harus mempunya keinginan kuat untuk maju dan berkembang dari dalam diri kita.

6. Istirahat Jika Dirasa Lelah

Beristirahatlah ketika kalian belajar dan menemukan titik jenuh.Percuma apabila kita sedang berada di situasi seperti itu namun ingin tetap belajar terus.Pemikiran yang sungguh salah.Apabila kalian memaksakannya,kalian malah capek dan pusing hingga akhirnya kehilangan semangat untuk belajar kembali.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan untuk kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus belajar di segala situasi dan jangan lupa untuk beristirahat. Tetap semangat dan terus berusaha untuk mencapai tujuan yang kalian inginkan.Sekian dan Terima Kasih.(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here