Beranda Catatan Apakah Tomat Termasuk ke dalam Jenis Buah-buahan atau Sayuran ?

Apakah Tomat Termasuk ke dalam Jenis Buah-buahan atau Sayuran ?

Kalian pasti sudah mengenal buah atau sayur yang satu ini. Yap, makanan segar yang dapat dijumpai dimana saja, baik itu di pasar ataupun di supermarket. Kandungan vitamin, nutrisi, serat dan antioksidan pada tomat sangat baik untuk kesehatan tubuh kita lho.

Selain disajikan dengan sup, tomat juga kerap dikonsumsi secara langsung, salad ataupun dijadikan jus tomat. Sebagian besar dari kalian kerap menanyakan apakah tomat termasuk ke dalam jenis buah-buahan atau sayuran? Berikut penjelasan tentang apakah tomat termasuk kedalam jenis buah-buahan layaknya apel atau sayuran layaknya bayam?

Jawaban yang berbeda datang antara seorang koki dan ahli gizi. Mereka berdua saling berselisih paham tentang apakah tomat masuk ke dalam jenis buah-buahan ataupun jenis sayuran.

Apabila kita menyambungkannya dengan definisi ilmiahnya sendiri, tomat termasuk ke dalam buah-buahan dikarenakan terbentuk dari bunga dan terkandung biji di dalamnya.

Baca juga : Bukan Hanya Enak dan Segar, Ini Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Tomat adalah sebuah makanan yang memiliki rasa tak semanis buah-buahan dan tak sepahit sayuran.

Namun, dilain cerita juga dengan paprika dan mentimun yang termasuk ke dalam buah-buahan meskipun memiki cita rasa yang tak semanis kebanyakan buah pada umumnya.

Itu adalah jawaban dari para ahli gizi dan peneliti. Lalu, bagaimana menurut koki sendiri sebagai orang yang sering menggunakan tomat sebagai bahan masakannya.

Menurut mereka, tomat termasuk ke dalam sayuran dikarenakan mereka sering memasak dan menggunakan tomat sebagai penambah unsur gurih ataupun manis dalam masakannya.

Maka demikian, tomat biasa disajikan dan dimakan layaknya sayuran pada umumnya dibandingkan disajikan sebagai buah-buahan.

Meskipun begitu, definisi tersebut tidaklah salah sepenuhnya. Jadi, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa menurut para ahli gizi dengan beberapa ilmu pengetahuan yang memadai berpendapat bahwa tomat termasuk ke dalam buah-buahan dan menurut para koki termasuk ke dalam sayuran.

Ternyata, setelah berbagai pertimbangan dan penelitian, tomat dinobatkan sebagai buah-buahan dibandingkan dimasukan ke dalam jenis sayuran.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here