Beranda Catatan Apa Perbedaan Antara Orang Pemalu dan Orang Pendiam?

Apa Perbedaan Antara Orang Pemalu dan Orang Pendiam?

Apakah kalian mengetahui perbedaan antara orang Pendiam dan orang Pemalu? mungkin diantara kalian, ada yang sudah memahaminya dan sebagian pun ada yang belum memahaminya. Benar kan?

Sebelum kita membahas perbedaannya, ketahui dulu pengertian keduanya. Berikut Pengertian dan Perbedaan antara Orang yang Pemalu dengan Orang yang Pendiam.

A.Pengertian Orang Pemalu dan Pendiam

1.Orang Pemalu

Pemalu adalah Rasa tidak nyaman ataupun cemas di setiap kegiatan sosial . Pasalnya, mereka malu atau bahkan takut untukĀ  berinteraksi dengan orang luar.

Rasa malu itu timbul dikarenakan mereka berprasangka bahwa merasa takut akan direndahkan, dihina atau yang lebih parah di bully secara fisik maupun mental.

Orang menjadi seseorang yang pemalu bisa disebabkan karena meniru sifat dari orang tuanya, tidak diajarkan bersosialisasi sejak dini, korban bullying ataupun korban kekerasan orang tuanya, dan selalu dituntut menjadi yang terbaik dalam segala hal, baik itu akademik ataupun non akademik.

2.Orang Pendiam

Pendiam adalah orang yang cenderung untuk memilih hidup sendiri dan tidak begitu aktif dalam kehidupan sosial ataupun berinteraksi dengan orang luar.

Biasanya, orang pendiam adalah orang yang memiliki rasa empati tinggi dan pendengar yang baik. Orang pendiam lebih memilih mendengar daripada berbicara sama halnya seperti orang introvert.

Pasalnya, orang pendiam akan berubah menjadi seseorang yang paling aktif dan paling peduli terhadap teman yang benar-benar ia percayai. Orang Pendiam lebih selektif dalam hal pertemanan.

Namun, mereka lebih memilih untuk tetap diam dan bekerja dengan dunia dan dirinya sendiri dibandingkan harus berinteraksi ataupun bekerja sama dengan orang lain.

B.Perbedaan Pemalu dan Pendiam

Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah orang pemalu tidak selamanya ingin sendirian namun ia takut untuk berinteraksi dengan orang lain sedangkan orang pendiam lebih nyaman ketika ia merasa sendirian dan tidak memerlukan interaksi terhadap orang lain.

Selain itu juga, orang pemalu biasanya memiliki kecemasan dan ketidaknyamanan saat berada disekitar ataupun sekerumunan orang, sedangkan orang pendiam biasanya tidak merasakan hal tersebut namun, mereka lebih memilih untuk tidak berbicara ataupun berinteraksi dengan orang lain.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, Orang pemalu memiliki ketidaknyamanan saat berada di kerumunan orang banyak dan malu untuk berinteraksi dengan orang lain namun, mereka tidak terlalu suka akan kesendirian sedangkan orang pendiam mereka bisa melakukan interaksi dengan orang lain, tapi mereka lebih memilih tidak melakukan hal itu dan bekerja dengan diri sendiri lebih baik.(*Rnd)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here