Beranda Catatan Apa Perbedaan Antara Introvert,Ekstrovert dan Ambivert?

Apa Perbedaan Antara Introvert,Ekstrovert dan Ambivert?

Apakah kalian sudah tahu mengenai definisi masing masing kepribadian?Kalau belum maka simak berikut ini.

1.Introvert

Introvert adalah suatu kepribadian seseorang yang membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energinya setelah berinteraksi di lingkungan sekitarnya.

Introvert juga bisa disebut sebagai kepribadian yang tidak menginginkan keramaian dalam hidupnya. Mereka hanya butuh mengisi waktu luang dalam kesendirian.

Mereka cenderung tidak suka omongan yang basa basi seperti kebanyakan orang, mereka lebih memilih percakapan yang lebih berarti dan serius.

Cenderung bekerja sendiri dibandingkan dengan orang lain karena menurut mereka,mereka bisa menyelesaikannya sendiri dan biasanya bekerja lebih efektif dan bisa lebih fokus apabila dilakukan oleh seorang diri serta tidak terlalu suka dengan banyak orang.

Introvert biasanya sering melamun dan memikirkan riset dan penelitian dengan pikiran mereka sendiri. Lebih memilih menulis untuk mengungkapkan perasaannya seperti membuat puisi ataupun cerita daripada berbicara kepada orang lain.

Baca Juga : Apakah Kamu Seorang Introvert? Berikut Pengertian dan Ciri Ciri Orang Introvert !

2.Ekstrovert

Ekstrovert justru kebalikan dari Introvert yakni mereka lebih suka keramaian dan sangat suka berinteraksi dengan banyak orang.

Lebih mudah bergaul dan mudah menyesuaikan lingkungan adalah kelebihan dari orang yang memiliki kepribadian ini. Biasanya mereka lebih empati terhadap sesama daripada orang yang memiliki kepribadian Introvert.

Tidak suka menyendiri adalah salah satu ciri dari seorang yang memiliki kepribadian Ekstrovert maka tak heran ia memiliki banyak teman dan senang berada di tengah orang banyak.

Sangat percaya diri dan optimis atas semua hal yang ia lakukan. Tidak khawatir akan resiko yang terjadi mereka hanya memikirkan hasilnya dengan sangat percaya diri.

Baca Juga : Pengertian dan Ciri Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Ekstrovert ! Kamu Termasuk?

3.Ambivert

Ambivert adalah suatu kepribadian gabungan antara Introvert dan Ekstrovert. Artinya orang yang memiliki kepribadian ini dapat merasakan bagaimana pribadi yang Ekstrovert serta bagaimana pribadi yang Introvert.

Bisa condong ke sisi Introvert ataupun sisi Ekstrovert tergantung pada sistuasi yang sedang mereka hadapi.

Mereka sangat seimbang dalam menjalankan dua kepribadian tersebut. Bisa dibilang mereka sangat lihai dalam melaksanakan kepribadian yang orang orang biasanya hanya memiliki satu kepribadian.

Baca Juga : Kamu Wajib Baca Ini ! Pengertian dan 5 Ciri Kamu Adalah Seorang Ambivert

Jadi perbedaanya adalah Introvert lebih condong ke tidak suka keramaian dan tertutup sedangkan Ekstrovert lebih ke mudah bergaul dan terbuka dan Ambivert adalah pertengahan antara kedua kepribadian tersebut.(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here