Beranda Programing Apa Itu Bilangan Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal?

Apa Itu Bilangan Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal?

Sistem bilangan numerik adalah suatu atau sekumpulan simbol yang melambangkan suatu bilangan tertentu. Apakah kalian tahu? numerik sangat berbeda dengan angka. Simbol “12”, “duabelas”, dan “XII” adalah numerik yang berbeda namun tetap melambangkan angka yang sama yakni dua belas.

Setelah kita memahami sistem bilangan numerik, kita berlanjut kepada pengertian akan bilangan desimal, biner, oktal dan heksadesimal. Apa itu Bilangan Desimal, Biner, Oktal dan heksadesimal? Mari kita simak berikut ini.

1.Bilangan Desimal

Sistem bilangan desimal merupakan sistem bilangan dengan 10 macam angka yakni, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Bilangan desimal juga biasa dikenal sebagai sistem bilangan basis 10 dikarenakan setiap angka yang terdapat pada bilangan ini menggunakan basis 10.

2.Bilangan Biner

Sistem bilangan biner atau disebut juga dengan sistem bilangan basis 2 adalah sistem penulisan angka yang hanya menggunakan 2 simbol saja , yaitu 0 dan 1. Dari sistem bilangan inilah, kita bisa melakukan konversi ke sistem bilangan oktal dan heksadesimal.

3.Bilangan Oktal

Sistem bilangan basis 8 atau biasa dikenal dengan bilangan oktal adalah suatu bilangan yang didalamnya mengandung bilangan berbasis 8. Simbol bilangan yang digunakan dalam bilangan oktal adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7.

4.Bilangan Heksadesimal

Bilangan heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah suatu sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Simbol tersebut yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F.

Dari data diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa.

  • Bilangan desimal adalah sistem bilangan basis 10 yang terdiri dari (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9)
  • Bilangan biner adalah sistem bilangan basis 2 yang terdiri dari (0 dan 1)
  • Bilangan oktal adalah sistem bilangan basis 8 yang terdiri dari (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7)
  • Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan basis 16 (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F)

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here