Beranda Tutorial 5 Tips Memahami Pembelajaran Secara Cepat

5 Tips Memahami Pembelajaran Secara Cepat

Mungkin sebagian orang menginginkan dirinya mampu menyerap pelajaran secara tanggap dan cepat. Namun, permasalahan yang menjadi hambatan untuk mereka gapai keinginan itu adalah “Malas”

Yap, malas adalah satu hal utama yang mengganggu dan menghambat penyerapan materi ke dalam otak kita.

Lalu, bagaimana caranya agar kita mampu cepat tanggap dalam memahami suatu pelajaran? Berikut 5 tips yang bisa kalian terapkan di saat pembelajaran dimulai.

1.Simak Materi dari Guru

Di sekolah tentunya kalian akan dibimbing oleh guru sesuai mata pelajarannya masing-masing. Apabila kalian ingin memahami pelajaran tertentu.

Hal yang harus diperhatikan adalah point-point terpenting dari penjelasan guru kalian. Pahami dan apabila kalian tidak mengertii suatu hal tertentu, bisa kalian tanyakan langsung ke guru tersebut.

Jangan sungkan dan jangan malu apabila kalian ingin benar-benar menguasai pelajaran tertentu tersebut.

Baca juga : Cara Cepat Menguasai Matematika, Ini Caranya

2.Otodidak

Otodidak diartikan sebagai cara pembelajaran untuk menguasai materi tertentu dengan dan oleh diri sendiri.

Maksudnya adalah kalian bisa belajar secara otodidak atau belajar secara mandiri. Salah satu tips ini telah diterapkan oleh Rapper Rich Brian yang belajar bahasa inggris secara otodidak dan kini ia mampu berbicara bahasa inggris dengan fasih.

Salah satu contoh belajar secara otodidak adalah mengerjakan latihan, menghapal suatu rumus, membaca ulang materi yang telah disampaikan, ataupun memahami penjelasan guru yang belum kamu mengerti.

Baca juga : 7 Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris!

3.Niat

Point yang sangat simpel namun sangat berarti bagi pembelajaran kalian adalah menanamkan niat ingin bisa ke dalam pikiran dan hati kalian.

Apabila kalian berniat malas-malasan dan tidak menyukai pelajaran tertentu, maka otak kalian pun tidak akan menyerap materi yang disampaikan dan akan merasa cepat lelah ataupun ngantuk.

Namun, berbanding terbalik apabila kalian berniat ingin bisa maka, secara otomatis otak kalian pun akan mudah menyerap materi yang disampaikan oleh guru kalian dan waktu pun tidak terasa akan cepat berlalu.

Baca juga : Benarkah Belajar Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup?

4.Bekerja Sama

Apabila kalian tidak mengerti terhadap suatu hal tertentu dalam pembelajaran dan kalian malu bertanya kepada guru, tips alternatif yang bisa kalian gunakan adalah dengan bertanya kepada teman kalian yang telah menguasai pembelajaran tersebut.

Selain bertanya, kalian juga bisa bekerja sama dan bertukar pikiran kepada teman belajar kalian tersebut mengenai pembelajaran tertentu.

Baca juga : Belajar Itu Membosankan?

5.Punya Teman Belajar

Seperti yang sudah dijelaskan pada point ke-4, kalian bisa gunakan teman belajar kalian sebagai media untuk bertukar pikiran terhadap pembelajaran yang belum kalian kuasai.

Pilihlah teman belajar yang mampu membawa mu ke jalan yang benar serta yang mendukung mu untuk belajar lebih giat dan janganlah pilih teman belajar yang tidak baik dan mengganggu kepada konsentrasi belajar kalian.(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here