Beranda Kesehatan 5 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol dan Penyakit Jantung

5 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol dan Penyakit Jantung

Salah satu penyebab utama kematian di dunia ini adalah disebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh lemak jahat yang terdapat dalam tubuh yang dihasilkan dari makanan yang telah kita konsumsi.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengurangi kolesterol agar terhindar dari penyakit jantung? Berikut beberapa makanan yang bisa kalian konsumsi untuk menurunkan terjangkitnya penyakit ini.

1.Alpukat

Buah yang kaya akan nutrisi ini ternyata bisa menurunkan lemak jahat pada tubuh dikarenakan kaya akan lemaktak jenuh tunggal dan serat dua nutrisi.

Cara mengonsumsi alpukat juga bisa dimakan langsung ataupun dijus tergantung selera masing-masing.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Mengonsumsi Kopi Bagi Tubuh

2.Ikan

Ikan sebagai sumber asam lemak omega 3 yang biasanya terdapat dari salmon dan mackerel ini bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko peradangan dan stroke lho.

Cara yang paling sehat untuk memasak ikan yang baik dan benar adalah dengan mengukus atau merebus. Untuk memasak ikan, hindari penggunaan minyak dan jangan dijadikan ikan goreng dikarenakan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3.Bawang Putih

Semua orang mengenal bumbu masakan yang satu ini. Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga digunakan sebagai obat dikarenakan mengandung alicin dan senyawa aktif utama yang dapat menurunkan total dan kolesterol jahat.

Baca juga : 5 Jus dari Buah-Buahan Ini Dapat Mengurangi Kolesterol Jahat ! Apa Saja?

4.Teh

Ternyata,  teh juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol lho, baik itu teh hijau, teh hitam maupun teh putih sama saja manfaatnya.

Teh mempunyai dua senyawa yang sangat baik bagi kesehatan yaitu katekin yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah serta Quercetin yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan peradangan.

Baca juga : Jangan Konsumsi 3 Buah Ini Apabila Kalian Sedang Diet

5.Sayuran

Sayuran yang dimaksud disini adalah sayuran yang kaya  akan pektin seperti terong, wortel dan kentang yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Sayuran berdaun hijau gelap pun dapat menurunkan risiko penyakit jantung seperti kangkung dan bayam yang mengandung lutein dan karotenoid.

Selain itu juga, sayuran berdaun gelap pun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dikarenakan dapat mengikat asam empedu yang berakibat tubuh dapat mengeluarkan kolesterol berbahaya.(*Rnd)

 

BERBAGI

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here