Beranda Kesehatan 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak, Ayoo Kalian Lakuin Ini Gak ?

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak, Ayoo Kalian Lakuin Ini Gak ?

Seperti yang telah diketahui bersama, otak merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh kita. Sebab, otak merupakan sistem kontrol dari seluruh gerakan tubuh manusia.

Itu berarti apabila otak memiliki kerusakan, maka hampir seluruh gerakan tubuh manusia pun akan terganggu.

Selain sebagai pengendali tubuh, otak juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan memory serta tempat untuk berpikir.

Maka dari itu, kita harus menjaga otak dengan sebaik mungkin. Hindari kebiasaan yang bisa mengganggu dan merusak kinerja otak.

Lalu, kebiasaan apa saja yang bisa mengganggu kinerja otak? Berikut 5 kebiasaan sepele yang bisa merusak otak.

1.Mengonsumsi Gula Berlebih

Menurut ahli dari Charite University Medical Centre, Jerman, gula darah berlebih yang diakibatkan mengonsumsi gula terlalu banyak dapat membahayakan fungsi serta struktur pada otak.

Maka dari itu, bagi kalian yang gemar mengonsumsi makanan manis, disarankan untuk mengurangi kadar penggunaan gula serta pemanis lainnya.

2.Mengonsumsi Garam Berlebih

Selain makanan manis, ternyata  dengan mengonsumsi garam berlebih pun bisa mengganggu kinerja otak lho.

Sebuah studi mengatakan bahwa konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan risiko tubuh terkena tekanan darah tinggi hingga stroke.

Kondisi tersebut akan berakibat rusaknya otak, karena pembuluh darah yang rusak akibat tekanan darah tinggi dan stroke itu akan menyebabkan rusaknya fungsi otak.

3.Tidak Sarapan

Bagi kalian yang sering menyepelekan sarapan di pagi hari, kalian wajib baca ini. Karena, bila kalian melewatkan sarapan, sama halnya dengan meniadakan asupan energi tubuh di pagi hari.

Padahal, energi di pagi hari sangat dibutuhkan untuk tubuh terutama sebagai asupan penting aktivasi pada otak.

Eitss…jangan salah, bukan berarti kalian harus makan terlalu banyak. Karena, dengan makan terlalu banyak pun sama saja akan merusak kinerja fungsi otak.

4.Kurang Tidur

Banyak orang yang melewatkan jam tidur nya hanya untuk melakukan aktivitas yang diinginnya. Hal itu akan mengakibatkan tubuh kurang beristirahat.

Kurang tidur juga dapat membuat kewaspadaan dan konsentrasi otak menurun lho. Maka tak heran, banyak orang yang sering begadang akan lebih mudah untuk lupa, sulit berpikir jernih hingga suka bingung sendiri.

5.Jarang Minum

Sebanyak 70% tubuh manusia diisi oleh air. Maka dari itu, air sangat berperan penting bagi kelangsungan kinerja dan pergerakan tubuh manusia.

Sebuah kasus membuktikan bahwa orang yang mengalami dehidrasi karena jarang minum dapat menyebabkan turunnya fungsi kognitif pada otak manusia.

Selain itu, mereka juga akan sulit mencerna informasi, merasa pusing, hingga mengalami kejang-kejang untuk kasus yang lebih parah.

(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here