Beranda Tutorial 5 Cara Mudah Menghafal Suatu Teks Dengan Cepat

5 Cara Mudah Menghafal Suatu Teks Dengan Cepat

Menghafal teks adalah suatu kegiatan yang bisa dibilang cukup susah. Bagi kebanyakan siswa menghafal adalah kegiatan yang paling menyebalkan ketika guru memberi tugas untuk menghafal teks.

Akan tetapi apakah kalian tahu?Diantara milyaran orang didunia ini,ada beberapa orang terpilih yang dapat menghafal teks hanya dengan beberapa menit.

Tentunya kita pun ingin seperti mereka orang orang terpilih yang dapat menghafal suatu teks atau bacaan dengan cepat bukan?

Lalu,bagaimana caranya agar kita seperti mereka yang bisa menghafal teks secara cepat?Berikut 5 cara mudah menghafal suatu teks dengan cepat yang dapat saya berikan.

1.Baca Keseluruhan Teks

Point utama dan yang paling penting agar bisa menghafal teks secara cepat adalah dengan cara membaca terlebih dahulu keseluruhan teks. Baca,pahami dan simpan dalam memory kita agar dengan cepat kita dapat menghafal teks tersebut.

Pahami tiap kalimat yang ada pada teks tersebut agar terus teringat dalam ingatan.Dengan begitu menghafal teks pun dapat dengan cepat dan mudah.

2.Pahami Teks

Mungkin langkah langkah yang satu ini sudah dijelaskan dalam point pertama yaitu memahami isi teks bacaan atau teks.

Pahami terlebih dahulu materi yang dibahas dan jangan lupa simpan dalam memory kita agar memudahkan dalam pelafalan isi teks.

3.Catat Point Utama Teks

Tips ini yaitu mencatat point utama atau kalimat utama yang terdapat di dalam teks yang akan dihafalkan.

Catatlah kalimat yang dirasa penting dan sesuai dengan isi teks di dalam secarik kertas. Dengan begitu kita dapat mudah dalam menghafal suatu teks.

Catatan itu hanya sebagai pengingat agar penghafalan menjadi mudah dan tidak keluar dari isi teks yang sebenarnya.

4.Merangkum Isi Teks

Setelah kita mencatat pokok bahasan tadi,tulis kalimat tambahan yang terdapat didalam teks namun tidak semuanya ditulis.

Kalimat tambahan ini bisa juga menurut bahasa sendiri namun perlu diingat tidak boleh keluar dari isi teks yang sebenarnya.

5.Menghafal Catatan

Setelah kita mencatat semua isi pokok dan kalimat tambahan pada teks yang sudah kita rangkum. Hafalkan catatan tersebut dan perlu diingat catatan tersebut tidak boleh keluar dari isi teks yang sebenarnya.

Diperlukannya rangkuman teks hanya untuk mempermudah menghafalkan isi bacaan.

Dengan begitu,Penghafalan suatu teks akan mudah apabila dirangkum menjadi lebih ringkas,padat dan jelas namun tetap memperhatikan isi teks yang sebenarnya.

Oleh karena itu,Menghafal suatu teks dapat mudah asalkan kita merangkumnya menjadi lebih singkat namun jelas. Apabila kalian tidak ingin merubah sama sekali teks bacaan kalian bisa melakukan langkah langkah tadi hanya sampai point 3.Sekian dari saya dan Terima Kasih.(*Rnd)

 

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here