Beranda Kesehatan 5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Berminyak

5 Cara Mudah Mengatasi Kulit Berminyak

Mempunyai kulit berminyak tentunya sangat mengganggu kepercayaan diri kita bukan? Terutama para kaum adam yang sering memiliki kulit berminyak dikarenakan laki laki lebih banyak memproduksi sebum yang menyebabkan kulit lebih berminyak.

Wanita cenderung tidak memiliki kulit berminyak dikarenakan memiliki hormon estrogen yang membuat sebum lebih tipis dan menyebabkan kulitnya menjadi kering.Namun,tak menutup kemungkinan para wanita pun ada sebagian yang memiliki kulit berminyak.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Lalu,bagaimana cara mudah agar bisa menghilangkan kulit berminyak yang bebas dari jerawat? Berikut cara mudah dan bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari hari yaitu sebagai berikut.

1.Rutin Mencuci Muka

Mencuci muka secara ruitn adalah salah satu cara mengatasi wajah berminyak akibat produksi sebum yang banyak. Anda bisa biasakan mencuci muka saat pagi dan sore ataupun setelah berolahraga.

Gunakanlah sabun muka yang lembut dan cocok untuk kulit berminyak.

Hindari pemakaian sabun cuci muka dengan memiliki kandungan bau yang berlebihan karena bisa mengakibatkan kulit kering dan menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara mencuci muka yang baik dan benar yaitu. Bilas wajah dengan air hangat. Lalu,gunakan sabun muka seraya memijat muka dengan kedua tangan secara perlahan. Setelah itu,Bilas kembali wajah menggunakan air hangat.

Baca Juga : Jerawat gak hilang? Berikut kebiasaan Buruk penyebab timbulnya jerawat

2.Mengeringkan Wajah dengan Benar

Setelah mencuci muka dengan benar,alangkah baiknya keringkan muka anda dengan cara menepuk-nepuk kulit wajah menggunakan handuk lembut.

Hindari penggunaan handuk di wajah dengan gerakan dan kain yang kasar karena bisa mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum yang mengakibatkan wajah menjadi semakin berminyak.

Baca Juga : Wajah Menjadi Kusam? Inilah Penyebabnya

3.Menggunakan Toner

Selanjutnya,menggunakan toner juga salah satu cara agar dapat menghilangkan berminyak yang dapat terbebas dari masalah jerawat.

Penggunaan toner dengan astringent alami,seperti witch hazel,yang mampu menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum di wajah.

Selain itu juga,penggunaan toner ini dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah serta menghilangkan sisa produk make-up yang masih menempel di muka yang dapat mengakibatkan sumbatan pada pori-pori.

4. Memakai Pelembab

Pemilihan pelembat yang tepat sebenarnya dapat membantu mengatasi kulit berminyak. Pada kulit berminyak,disarankan untuk menggunakan jenis pelembab tapa kandungan minyak agar menjaga kulit tetap lembab dan tidak berminyak.

Baca Juga : Ingin Menghilangkan Mata Panda ? Berikut Caranya

5.Menghindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan ini tentunya sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang mempunyai kulit berminyak. Kebanyakan dari mereka memilih membersihkan minyaknya menggunakan kedua tangan.

Justru dengan menggunakan tangan yang kotor dan tanpa dicuci terlebih dahulu dapat menyebarkan kotoran dan bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah.

Kalian hanya boleh menyentuh wajah untuk membersihkan minyaknya ketika kalian sudah mencuci bersih tangan.(*Rnd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here